Pakaian dan Aksesoris Bayi - Valerie Crochet Baby

Pakaian dan Aksesoris Bayi

pakaian-dan aksesoris-bayi
Posted in Uncategorized

Pakaian dan Aksesoris Bayi

1. Penggunaan kaos kutang

dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC dari Tiga Generasi mengatakan bayi baru lahir pun bisa saja sudah dipakaikan kaos kutang. Hanya saja, untuk lebih memudahkan, ibu bisa memilih kaos kutang bayi yang bahannya cukup lentur.

“Biar nggak terlalu maksa gitu jadi bikin bayi nggak nyaman. Kalau bahannya mulur kan lebih mudah dipakaikan ke bayi. Kalau disebutkan anak pakai kaos kutang harus nunggu nyangga leher dulu, nggak ada hubungannya ya,” tutur dr Wi.

2. Pemakaian bedong

Kerap dipercaya membedong bisa membuat anak terhindar dari kaki ‘O’. Padahal, seperti diungkapkan dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, tidak ada hubungannya membedong supaya kaki bayi lurus. dr Meta mengatakan kaki bayi memang akan tampak melengkung ketika lahir karena rongga rahim sangat terbatas ruangnya.

“Nah, agar si bayi cukup dalam rongga rahim, posisinya harus sedemikian rupa sehingga kedua tungkai dalam posisi bersila dan melengkung ke atas,” kata dr Meta.

Ia menambahkan, membedong boleh saja dilakukan untuk menyamankan bayi, namun pastikan tidak terlalu ketat, pilih bedong yang tipis namun cukup hangat.

baca juga : Memilih Pakaian dan Aksesoris untuk Bayi

3. Pemakaian gurita

“Pemakaian gurita memang tidak disarankan apalagi kalau terlalu ketat. Selain tidak ada manfaatnya, pemakaian gurita justru bisa membahayakan kesehatan bayi. Selain bisa mengganggu pernafasan, bisa juga sampai mengganggu pertumbuhan organ dalamnya saking ketatnya gurita,” terang dr Meta.

Sementara, dr Wi mengatakan pada anak usia dua bulan misalnya, ia sudah memasuki fase miring dan belajar tengkurap. Ketika dipakaikan gurita, justru anak bisa merasa tidak nyaman karena ada tali temali yang mengganjal di perutnya.

4. Pemakaian legging

Pada bayi perempuan, pemakaian legging bisa membuatnya makin lucu. Memang legging boleh-boleh saja memakai legging asalkan tidak terlalu ketat. Seperti orang dewasa, pemakaian celana yang terlalu ketat pasti bisa membuat anak tak nyaman dan ada tekanan cukup besar di kaki anak.

“Legging jangan terlalu ketat dan pastinya pilih yang bahannya nyaman, misalnya bahan katun,” kata dr Meta

5. Penggunaan bando/bandana

Pemakaian aksesoris bayi seperti bandana bisa dibilang aman dan tak dilarang, asalkan tidak terlalu ketat dan tidak membekas di kepala bayi saat dilepas. Perhatikan juga bahan bando yang digunakan, pilihlah yang terbuat dari bahan lembut untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif.  Hindari memakaikan bando yang bahannya kasar dan tak menyerap keringat. Hal ini justru bisa membuat kulit iritasi.

Saat memakaikan bando, perhatikan juga lokasinya. Usahakan untuk memakaikannya di dahi bayi, bukan menutupi ubun-ubunnya. Ini supaya ubun-ubun tetap bisa ‘bergerak’ sebagaimana mestinya.

Andrew Adesman, MD, kepala unit perkembangan dan perilaku anak di Schneider Children’s Hospital, New York sebelumnya mengatakan ubun-ubun yang bertekstur empuk dan berdenyut memang terlihat menakutkan bagi orang tua untuk menyentuhnya. Banyak yang takut akan merusak ubun-ubun. Tapi menurut Adesman, otak bayi sudah dilindungi dengan sangat baik.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart